Penerimaan
Mahasiswa Baru

Universitas Tarumanagara
Jl. Letjen S. Parman No. 1 Jakarta Barat - 11440
Jalur Penelusuran Prestasi (JPP)
TAHUN AKADEMIK 2014/2015

Pendaftaran Tahap I :  02
September s.d. 31 Oktober 2013 (SUDAH DITUTUP)
Pengumuman hasil seleksi :  11 November 2013 dapat di lihat di pmb2.tarumanagara.ac.id

Pendaftaran Tahap II : 8 November 2013 s.d. 31 Januari 2014 (SUDAH DITUTUP)
Pengumuman hasil seleksi :  7 Februari 2014 dapat di lihat di pmb2.tarumanagara.ac.id

Pendaftaran Tahap III : 5 Februari 2014 s.d. 25 April 2014 (SUDAH DITUTUP)
Pengumuman hasil seleksi :  30 April 2014 dapat di lihat di pmb2.tarumanagara.ac.id

Pendaftaran Tahap IV : 2 Mei 2014 s.d. 13 Juni 2014 (SUDAH DITUTUP)
Pengumuman hasil seleksi : 17 Juni 2014 dapat dilihat di pmb2.tarumanagara.ac.id

Masih dibuka kesempatan terbatas pada Program Studi tertentu (kecuali Arsitektur dan Kedokteran)
Pendaftaran sampai dengan tanggal 11 Juli 2014
Pengumuman hasil seleksi : 15 Juli 2014

TUJUAN

Jalur Penelusuran Prestasi (JPP) merupakan program penerimaan mahasiswa baru Universitas Tarumanagara (Untar) yang bertujuan menjaring calon mahasiswa yang berkelakuan baik serta memiliki kemampuan akademik baik dan stabil selama yang bersangkutan duduk di sekolah menengah/lanjutan tingkat atas.

PILIHAN PROGRAM STUDI

Program studi yang ditawarkan di Jalur Penelusuran Prestasi (JPP) adalah:

  1. Manajemen Bisnis
  2. Akuntansi Bisnis
  3. Ilmu Hukum
  4. Perencanaan Kota & Real Estat
  5. Teknik Sipil
  6. Teknik Mesin
  7. Teknik Elektro
  8. Teknik Industri
  9. Ilmu Psikologi
  10. Teknik Informatika
  11. Sistem Informasi Bisnis
  12. Desain Interior
  13. Desain Komunikasi Visual
  14. Ilmu Komunikasi

PERSYARATAN UMUM

  1. Saat ini duduk di kelas XII SMTA (SMA/SMK/MA) dan memiliki prestasi akademik baik dan stabil.
  2. Sehat jasmani dan rohani, sehingga tidak mengganggu proses belajar calon selama menempuh pendidikan di program studi pilihannya di Untar.
  3. Tidak terlibat dalam penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya).

PERSYARATAN KHUSUS

  1. Khusus calon yang memilih program studi  Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual dipersyaratkan TIDAK BUTA WARNA (dengan melampirkan FOTOKOPI surat keterangan Dokter).

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Mengambil formulir pendaftaran di Kantor Admisi Untar, download & print dari pmb.tarumanagara.ac.id, atau melalui Guru BP/BK sekolah masing-masing.
  2. Mengisi dengan lengkap formulir pendaftaran yang ditandatangani oleh calon dan orang tua/wali.
  3. Melampirkan fotokopi rapor setiap semester kelas X dan kelas XI (halaman nilai-nilainya saja).
  4. Melampirkan 1 lembar pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm.
  5. Membayar biaya seleksi sebesar Rp 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk 1 program studi. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan slip setoran tunai atau slip pemindahan dana antar rekening (tidak boleh transfer via ATM, e-banking ataupun m-banking) dengan mencantumkan Nama Lengkap calon di kolom Berita/Keterangan, melalui bank:
              * BCA nomor rekening 4820198480 atas nama Universitas Tarumanagara
              * BNI nomor rekening 0205160348 atas nama Yayasan Tarumanagara

                          KANTOR ADMISI UNIVERSITAS TARUMANAGARA
                          Kampus I Gedung Utama lantai 2
                          Jl. Letjen. S. Parman No.1 Jakarta Barat 11440
                          Telepon: (021) 5695 8723 (hunting)  Faksimili: (021) 568 4057 

KRITERIA PENERIMAAN

Nilai rata-rata rapor untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika selama di kelas X dan kelas XI (4 semester) : 

Kategori 1
Kategori 2
Kategori 3
Kategori 4
>+12 (*) >+ 10(*) >+ 6(*) >+ 2 (*)

*) dari nilai KKM

PROSEDUR KONFIRMASI PENERIMAAN CALON

  1. Calon mahasiswa yang diterima akan diberitahukan melalui sms. Berkas pengumuman dapat di-download dan di-print sendiri melalui website PMB Untar atau diambil langsung di Kantor Admisi Untar.
  2. Sebagai konfirmasi bahwa calon bersedia untuk menjadi mahasiswa Untar maka calon diharuskan melakukan pembayaran biaya Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) sesuai dengan batas waktu yang tertera pada surat pengumuman (Form B).
  3. Pembayaran biaya SPP dilakukan dengan menggunakan slip setoran tunai atau slip pemindahan dana antar rekening (tidak boleh transfer via ATM, e-banking ataupun m-banking) dengan mencantumkan Nama Lengkap calon dan Nomor Registrasi prodi yang dipilih di kolom Berita/Keterangan, melalui bank:
    • BCA nomor rekening 4820198480 atas nama Universitas Tarumanagara
    • BNI nomor rekening 0018284108 atas nama Yayasan Tarumanagara
SUMBANGAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (SPP)

Biaya sumbangan masuk / SPP ditetapkan berdasarkan kategori sesuai dengan selisih nilai rata-rata rapor siswa terhadap nilai rata-rata KKM sekolah yang bersangkutan. Semakin tinggi nilai rapor, semakin besar selisih dengan KKM, semakin ringan biaya SPP.

Catatan:
PENDAFTAR AKAN MELALUI PROSES SELEKSI YANG DISESUAIKAN DENGAN KAPASITAS / DAYA TAMPUNG MASING-MASING PROGRAM STUDI.
KAMPUS I
Jl. Letjen S. Parman No.1   Jakarta Barat 11440
Telp.: (021) 567 1747, 5695 8747
Fax.: (021) 560 4478, 5695 8738


KAMPUS II
Jl. Tanjung Duren Utara No.1 Jakarta Barat 11470
Telp.: (021) 565 5507, 08, 09, 10
Fax.: (021) 565 5521
Copyright © 2014 by Universitas Tarumanagara All rights reserved.